Jumat, 26 Februari 2010

Belajar Renang 1

Udah tua baru belajar renang? Tak ape lah. Buat anda yg belum bisa, mungkin cara belajar saya ini bisa ditiru, mudah dan cepat. Kalo beruntung, dalam 1 kali belajar udah mampu lah renang sejauh 20 meter. Sebelum mulai persiapkan dulu kacamata renang (wajib), cari yang bagus agar tidak bocor. Tidak perlu terlalu mahal, merek Speedo yg harga 50 ribuan juga oke. Kalo mau yang anti-fog, agak mahal dikit. Siapkan juga arloji tahan air (kalo ada).
Berikut caranya:
  1. Belajar bernafas. Ini untuk melatih timing bernafas, agar tidak sampai menghirup air. Cari tempat dangkal dan pegangan tangan. Posisikan leher tepat di permukaan air. Ambil nafas lewat mulut, lalu benamkan kepala ke dalam air. Tahan 5 detik sambil hembuskan udara lewat hidung sedikit demi sedikit (ini berfungsi untuk mencegah air masuk hidung). Angkat kepala dari air, ambil nafas 1 detik lewat mulut, lalu menyelam lagi. Lakukan terus berulang kali sampai sekitar 5 menit. Istirahat sebentar, lalu ulang lagi sampai anda terbiasa. Kalau sudah terbiasa, lakukan lagi hal yang sama tapi menyelamnya 10 detik. Kemampuan menahan nafas akan sangat berguna pada saat berenang. Ulang terus sampai anda terbiasa dan tidak tertelan air lagi. Kalau mau, boleh belajar tahan nafas selama mungkin (lebih dari 20 detik).
  2. Belajar meluncur. Tetap di tempat dangkal, berdirilah membelakangi dinding kolam. Katupkan kedua tangan lurus ke depan, muka ke arah lantai kolam, angkat kedua kaki lalu tolakkan kaki ke arah dinding, lalu bentuk tubuh lurus seperti lembing yang meluncur. Tahan sejauh mungkin. Ulang terus sampai terbentuk lembing sempurna dan meluncur jauh. Tak usah terburu-buru lakukan dengan santai, toh di tempat dangkal, nggak akan tenggelam.
  3. Belajar gaya dada. Ini bukan gaya dada yg kompetitif tapi ringan dan mudah. Awali dengan meluncur dan membentuk lembing, pastikan posisi tubuh sudah dekat permukaan air (tubuh akan terangkat sendiri kalau kita diam waktu meluncur). Lalu gerakkan tangan dari depan ke arah paha (menempel ke paha) dengan membentuk 1/2 lingkaran oleh tangan kanan dan 1/2 lingkaran oleh tangan kiri, dengan jari-jari mengatup (bentuk dayung), sambil angkat kepala ke permukaan air dan ambil nafas melalui mulut. Segera bentuk lembing lagi (wajah ke arah lantai, tangan lurus ke depan), lalu tekuk kedua lutut dan tendangkan kaki ke belakang membentuk huruf V, diikuti gerakkan mengatupkan kedua kaki (rasakan gerak dorong hasil tendangan) bentuk lagi lembing. Gerakkan lagi kedua tangan dst. (ulang lagi gerakan di atas bergantian tangan dan kaki). Bila anda sudah bisa melakukan dengan baik sejauh 20 meter, berarti anda sudah bisa berenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar